Duduk Pada Bayi

Bayi akan mulai belajar duduk pada usia bayi 4 s.d. 7 bulan, setelah dia sudah mampu berguling-guling dan mengangkat kepala. Pada usia 8 bulan sebagian besar bayi sudah akan bisa duduk sendiri tanpa pertolongan orang lain.Yang perlu anda lakukan dan perhatikan :

Iklan dulu :) Jika artikel ini bermanfaat, harap di Klik kata in-text

atau kata yang terdapat garis bawah berwarna hijau untuk donasi kami, terima kasih

• Bayi bisa melakukan posisi duduk hanya jika dia mampu mengangkat dan menahan kepalanya. Untuk itu anda bisa merangsang kekuatan otot leher bayi dengan cara mengajaknya bermain sehingga kepalanya bergerak/melihat ke bawah dan keatas. Misalnya adalah dengan meletakkan mainannya (yang mempunyai kontras warna yang menyolok) di lantai, kemudian mainan tersebut anda angkat keatas sehingga bayi anda mengangkat kepala dan dadanya untuk mengikuti gerakan tangan anda.
• Ketika bayi sudah cukup kuat untuk duduk sendiri, anda bisa melatihnya supaya bisa duduk dengan seimbang (melatih keseimbangan duduknya), dengan cara meletakkan mainan atau benda-benda lain yang menarik di depan bayi anda (tetapi tidak dalam jangkauan bayi.
• Jika bayi anda belum mampu menahan kepalanya dengan sempurna dan belum mau berlatih duduk pada usia 6 bulan, anda perlu melakukan konsultasi dengan dokter anak anda untuk memecahkan masalahnya.

diambil dari ebok 3tahun pertama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>