Macam macam Tarian Indonesia,Tari Piring

Dari Sekian banyak Macam-Macam Tarian di indonesia, Tari piring cukup terkenal.Namun Sempat terdengar warisan budaya Indonesia ini di klaim oleh malaysia.

seharusnya Sejak awal pemerintah sigap untuk hal hal seperti ini,karena jangan sampai energi pemerintah terkuras untuk sebuah pengakuan bahwa tari piring adalah milik Indonesia. Jika saja Pemerintah memiliki visi yang besar tentang kebudayaan Indonesia seharusnya pemerintah memiliki daftar tarian indonesia dan lalu membuat seluruh nya menjadi paten bangsa Indonesia yang di akui secara hukum internasional.Bahwa Tari Piring adalah salah satu macam macam tarian indonesia. Jangan Sampai Tari Piring di akui oleh negara lain. Karena ini memang warisan sesepuh kita dan penjagaan budaya ini bagian dari penghormatan kita terhadap orang tua kita.Tari Piring Ini  unik, sesuai dengan namanya para penari piring membawa piring dalam tariannya:) klo bawa gelas..jadi tari gelas dung :P

Saya teringat ketika masih sekolah dasar melihat tari piring ini, kenapa piring nya tidak jatuh ya. Padahal nampaknya piring tersebut tidak terpegang oleh para penari. hanya sekedar menempel. Jadi  mungkin ini menjadi keunikan tersendiri. dan ini adalah kekayaan Indonesia.karena gerakan cepat maka piring piring tersebut tidak jatuh, berikut penjelasanya setelah mencari disana sini dan saya mix dari berbagai sumber, berikut sedikit penjelesan dari Tari Piring.

Tidak Dapat di pastikan mengenai asal mula atau siapa yang mencipatkan tari piring ini.Namun banyak yang meyakini tari piring sudah ada Sejak 800 Tahun yang lalu.Tari Piring atau dalam bahasa Minangkabau disebut dengan Tari Piriang adalah salah satu seni tari tradisonal di Minangkabau yang berasal dari kota Solok, provinsi Sumatera Barat. Tarian ini dimainkan dengan menggunakan piring sebagai media utama. Piring-piring tersebut kemudian diayun dengan gerakan-gerakan cepat yang teratur, tanpa terlepas dari genggaman tangan.

Pada awalnya, tari ini merupakan ritual ucapan rasa syukur masyarakat setempat kepada dewa-dewa setelah mendapatkan hasil panen yang melimpah ruah. Ritual dilakukan dengan membawa sesaji dalam bentuk makanan yang kemudian diletakkan di dalam piring sembari melangkah dengan gerakan yang dinamis.
Setelah masuknya agama Islam ke Minangkabau, tradisi tari piring tidak lagi digunakan sebagai ritual ucapan rasa syukur kepada dewa-dewa. Akan tetapi, tari tersebut digunakan sebagai sarana hiburan bagi masyarakat banyak yang ditampilkan pada acara-acara keramaian.
Gerakan Tari Piring
Gerakan tari piring pada umumnya adalah meletakkan dua buah piring di atas dua telapak tangan yang kemudian diayun dan diikuti oleh gerakan-gerakan tari yang cepat, dan diselingi dentingan piring atau dentingan dua cincin di jari penari terhadap piring yang dibawanya. Pada akhir tarian, biasanya piring-piring yang dibawakan oleh para penari dilemparkan ke lantai dan kemudian para penari akan menari di atas pecahan-pecahan piring tersebut
Tarian ini diiringi oleh alat musik Talempong dan Saluang. Jumlah penari biasanya berjumlah ganjil yang terdiri dari tiga sampai tujuh orang. Kombinasi musik yang cepat dengan gerak penari yang begitu lincah membuat pesona Tari Piring begitu menakjubkan. Pakaian yang digunakan para penaripun haruslah pakaian yang cerah, dengan nuansa warna merah dan kuning keemasan.

MAKNA DARI PROSESI TARI PIRING
Ternyata Tari Piring memiliki makna filosofis tersendiri, Tari Piring dikatakan tercipta dari ”wanita-wanita cantik yang berpakaian indah, serta berjalan dengan lemah lembut penuh kesopanan dan ketertiban ketika membawa piring berisi makanan yang lezat untuk dipersembahkan kepada dewa-dewa sebagai sajian. Wanita-wanita ini akan menari sambil berjalan, dan dalam masa yang sama menunjukan kecakapan mereka membawa piring yang berisi makanan tersebut”. Kedatangan Islam telah membawa perubahan kepada kepercayaan dan konsep tarian ini. Tari Piring tidak lagi dipersembahkan kepada dewa-dewa, tetapi untuk majlis-majlis keramaian yang dihadiri bersama oleh raja-raja atau pembesar negeri.
Tari Piring:Macam macam tarian indonesia

One Response to Macam macam Tarian Indonesia,Tari Piring

  1. [...] macam-macam tarian indonesia:tari piring Like this:LikeBe the first to like this post. [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>