Menggenggam

Kemampuan menggenggam merupakan sebuah langkah kemajuan penting untuk perkembangan selanjutnya, seperti bermain, makan, menulis, menggambar, membaca, dan lain-lain.
Pada saat bayi dilahirkan sampai kira-kira usia 8 minggu, bayi mempunyai reflek/insting untuk menggenggam. Pada usia sekitar 3 bulan, bayi mulai bisa melakukan koordinasi mata dan tangannya, dan akan memukul dan mulai berusaha memegang mainan yang ada di depannya, walaupun masih belum bisa menggenggam.
Menginjak usia 4 bulan, bayi akan mulai bisa mengambil benda-benda besar, dan sampai dengan usia 8 bulan, bayi sudah bisa memindahkan benda dari tangan yang satu ke tangan yang lainnya. Anda perlu berhati-hati, jangan sampai ada benda-benda kecil dan berbahaya dijangkau oleh bayi anda.Pada usia sekitar 9 s.d. 12 bulan, bayi akan mampu memegang benda kecil dengan menggunakan jari-jarinya, sehingga sudah bisa diajarkan cara memegang sendok dan garpu pada saat makan. Pada usia satu tahun, bayi anda juga akan senang dengan permainan melempar bola, dan pada usia 2 tahun akan senang mencoret-coret dan menggambar. Yang perlu anda lakukan dan perhatikan :
Untuk merangsang reflek bayi anda dalam menggenggam, anda bisa meletakkan mainan yang berwarna-warni sedikit agak jauh dari jangkauan bayi anda, dan memintanya untuk mengambilnya. Jangan terlalu jauh dalam menaruh mainan tersebut, karena hal ini justru akan membuat bayi anda tidak bisa menjangkaunya, dan membuatnya frustasi.
Apabila bayi anda sudah mampu menggenggam, dia akan senang sekali melemparkan mainan atau apa saja yang dipegangnya. Pada awalnya anda mungkin senang, tapi lama-kelamaan anda menjadi sebel karena harus terus mengambil benda yang dilemparkannya. Jangan dimarahi. Melempar adalah salah satu cara bayi anda melatih koordinasi antar jari-jari tangannya.
Jika bayi anda kelihatan tidak tertarik sama sekali dengan mainan yang anda berikan, dan tidak berusaha untuk mengambilnya sampai dengan usia 9 bulan, anda perlu melakukan konsultasi dengan dokter anak anda.

Pemahaman
Banyak ahli yang mengatakan bahwa bayi bisa mendengar dan mulai belajar untuk memahami kata-kata sejak dia berada di dalam kandungan. Sejak bayi dilahirkan, dia akan mempelajari kata-kata dan bentuk-bentuk kalimat yang didengarnya. Walaupun pada awalnya bayi tidak mengerti apa yang anda ucapkan, tetapi dia bisa memahaminya melalui ekspresi dan emosi yang anda perlihatkan pada waktu anda berbicara padanya. Dia akan tahu apakah anda sedang menyayangnya, memberi perhatian, atau sedang memarahinya.

Pada usia sekitar 4 bulan, bayi akan mulai mengerti akan namanya sendiri, dan mulai bisa mengenali orang, apakah itu orangtuanya atau orang lain.Bayi mempelajari kemampuan bahasa ini dengan sangat cepat, dan pada usia 12 s.d. 18 bulan, dia sudah bisa memahami paling sedikit 50 kata, serta bisa mengikuti permintaan anda seperti, “Simpan mainan yang merah, dan ambilkan bola”.
Pada usia 2 tahun, anak anda sudah mengerti banyak tentang bahasa, kata-kata baru terus diingatnya setiap hari, dan mulai memadukan perhatiannya dengan emosinya. Dia akan mulai mengerti bagaimana berhubungan dengan orang lain.
Yang perlu anda lakukan dan perhatikan :
Semua yang dilakukan oleh anak anda dipelajari dari cara anda memperlakukannya. Untuk itu, jika anda menginginkan anak anda berkembang dengan baik dalam hal fisik dan emosinya, anda harus berhati-hati dalam memperlakukan anak anda.
Untuk merangsang kemampuannya dalam berkomunikasi, anda perlu sering mengajaknya bicara, dan membacakan buku. Bermain bersama juga merupakan hal yang sangat penting untuk merangsang perkembangan fisik dan mentalnya secara bersama-sama, dan yang lebih penting lagi, tunjukkan pada anak anda bahwa anda menyayanginya. Dari situ dia akan belajar banyak tentang konsep emosi.
Jika sampai dengan usia 3 tahun anak anda belum mampu memahami kalimat-kalimat perintah atau permintaan, atau kelihatan bingung ketika anda memintanya melakukan sesuatu, maka anda perlu segera berkonsultasi dengan dokter anak anda.

Sumber 3TahunPertamaYangMenentukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>